Ramadan Barokah bersama Komunitas online

Kelas Komunitas Online Jakarta BRI Sudirman

kelas komunitas online

Dear sahabat…

Alhamdulillah. Sungguh saya merasa seneng dan bersyukur banget… Ternyata saya bisa juga bikin web. Untuk orang yang terbilang gaptek seperti saya, benar-benar bangga dengan diri  sendiri hehe… Dan yang sangat saya syukuri adalah bisa bertemu, berdiskusi dan bebas belajar seumur hidup.  Sungguh Karunia Ramadan barokah bersama komunitas online.

Bercerita tentang komputer, biasanya sih  saya cuman menggunakannya untuk ngetik dengan microsoft office word, atau membuat tabel dengan excel, sesekali membuka facebook  untuk bertegur sapa dengan teman-teman dan sahabat serta handai taulan, serta berkirim email. Cuman itu saya rasa, saya menggunakan komputer.  Itupun cuman menggunakan fasilitas yang sederhana yang sering digunakan. Untuk urusan selain itu…. wah dulu rasanya saya merasa tidak mampu, dan berpikir pasti bukan passion saya.

Itu dulu….. hehe (tersipu-sipu)

Akhir tahun 2016 lalu saya berpikir, eh… bermimpi tepatnya pengeeeen… sekali  mengembangkan komunitas masyarakat UKM yang terkonek secara online dari pertanian,  produksi sampai pemasaran dan supplay chain. Entah bagaimana dan darimana saya harus mulai…

Akhir tahun 2016 itu juga , saya berpikir pengen mengembangkan 1 kecakapan baru,yaitu internet . Mungkin saya bisa mulai dari sini. Dan saya berpikir,  ingin bergabung dengan komunitas online. ya…online. Pengeen sekali, walau merasa kayaknya saya tidak akan bisa. Kemudian, sayapun bergabung dalam WA  bisnis online kawan-kawan alumni IPB dan beberapa kali pertemuannya yang sangat hangat bersahabat disertai makan-makan dan bercengkerama sambil belajar online dan teman-teman itu membuat web  bersama ” ….agri” dan saya berpikir saya tidak bisa. Kemudian  saya ikut pertemuan belajar online  khusus alumni IPB di gedung Telkom Bogor, dan saya juga tidak bisa dan berpikir saya memang tidak bisa. Kemudian berniat bergabung pertemuan dan chat online yang dipandu seorang senior, dan membaca chatnya, sayapun berpikir saya tidak bisa dan nggak ngerti babar blasss.  Saya emang bener-bener nggak ngerti, nggak bisa mengaplikasikan apa yang telah disampaikan mentornya. Mentornya sih bersemangat dan kayaknya yang lain ngerti tuh, kenapa saya nggak ngerti ya…..duh… Makin belajar internet…, makin membuat saya frustasi dan terus berpikir saya memang gaptek dan nggak mudeng online onlenenan.

Saya berpikir, yo wislah…. saya concern pada konten suatu hal saja. Biasanya juga begitu. Yang mudeng onlen onlenan kan anak-anak muda atau kalau seumuran saya biasanya pinter komputer & internet, responsif terhadap kemajuan teknologi dan gaul. Saya mah apa atuh… ndeso, katro, dan apalah yang sekelas dengan itu. emang nemen…

Sampai suatu hari, sambil mempersiapkan materi rapat,  saya menunggu download yang lama, saya mbuka FB seperti biasanya. eh… saya tertarik dengan info  datang ke kelas komunitas belajar internet gratis. Saya klik. Hari belajarnya rabu jam 13.00 WIB atau kamis jam 19.00 WIB. Lokasi di Gedung BRI Sudirman Jakarta. Wah, Kamisnya saya nggak bisa nih, ada rapat di Bandung. Rabu Insha Allah saya bisa, maka saya minta seat. Saya minta suami saya untuk ikutan juga, mumpung gratis dan diperbolehkan sama yang ngundang, dan kebetulan ngepasin dia bisa. Saya berpikir suami saya pasti lebih mudeng daripada saya, ntar saya bisa nanya ke dia karena saya pasti nggak mudeng. Suami saya rada nyinyir, “Paling begitu ma, seperti biasanya, cuman info resume kegiatan belajar online. terus suruh mbayar untuk belajar yang sesungguhnya. kaya seminar motivasi atau kursus belajar … kilat, dll begitulah. Dengerin iklan mereka doang!”

Ah….. Sepertinya saya juga berpikir serupa. Tapi, sungguh saya pengeeen sekali jadi orang yang nggak gaptek. Yah, apa salahnya saya longok. Saya hari itu ngepasin bisa dan gratis pula. Kali-kali aja bisa tambah wawasan walau sekelumit. Singkat kata, saya siap datang ke pertemuan itu. Kata yang ngundang, saya bisa datang gratis 3 kali. “Nggak usah bawa laptop,” kata suami saya, “paling juga penjelasan  penjelasan doang dan motivasi untuk belajar internet, pertemuan kedua aja kalau sekiranya diajarin teknis,” begitu kata suami saya. Hehe… saya mah bawa aja, kali aja dibutuhkan.

Saya, eh kami sudah terlambat beberapa menit, karena sholat dulu.  Ruangan sudah penuh, tapi masih ada  kursi bersebelahan dengan mentornya. Jadi didepan banget,  membelakangi layar. Nggak apa, sip. Malah nggak usah pake kacamata, dan jelas menyimak.

freeclass

Deng deng! ternyata bagus banget… dan teknis banget… tanpa ditutup tutupi dan nggak pake promo promoan.Bahkan langsung praktek dan ditungguin.  Saya tahu,  secara teknis saya belum ngerti tapi secara konsep saya paham penjelasannya karena memang ilmu banget,  bukan sekelumit informasi promo. Mentornya anak muda yang menurut saya luar biasa.

Katanya, saya bisa ndaftar untuk mendapatkan tutorial gratis. Oh ya…? Gratis apa promo… ? Wah…Ternyata memang tutorial beneran lho. wow! Gratis selama 1,5 tahun. Wow! Kemudian belajar gratis di kelasnya cuman 3 kali. Kalo mau berbayar bisa datang ke kelas seumur hidup, bayar cuman sekali.  Wow! keren banget. saya pikir, model gaptek seperti saya pasti menarik bisa small step belajar terus semampu tersedianya waktu dan kemauan. Ok banget nih. Sayapun nggak ba bi bu langsung join.

Alhamdulillah di Ramadan barokah sekarang ini, saya bisa keluar dari anggapan bahwa saya oon plus plus plus tentang internet. Belum pinter  sih… tapi kan saya berkesempatan untuk belajar terus seumur hidup dalam komunitas online ini.

Wah..Sudah maghrib rupanya, saatnya berbuka…

Lanjutkan lain waktu lagi ya sobat,

Salam Ramadan barokah,

Menik Sumasroh

Oh ya,  Sahabat bisa  dapatkan free tutorial selama 1,5 tahun gratis tis tis  jika mendaftar free member

Jika ingin dibimbing langsung, bisa datang gratis ke kelas Jakarta.

Jika memutuskan mendaftar menjadi member, bisa mendapatkan tutorialnya dan bisa mengikuti kelas live webinar dan langsung berinteraksi dengan mentor dimanapun berada.

 

Suasana belajar Komunitas online

Monggo mampir ke web saya

 

Kontak saya di 081281384569

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *