Polusi Udara Saat Memasak Bisa Mengakibatkan Kematian ?

Polusi Udara Saat Memasak Bisa Mengakibatkan Kematian
Polusi Udara Saat Memasak Bisa Mengakibatkan Kematian

Polusi Udara Saat Memasak Bisa Mengakibatkan Kematian?

Informasi dari Jurnal The Golden Burden of Disease menyebutkan bahwa Indonesia menduduki peringkat kedua di negara kawasan Asia Timur dan Pasifik dalam hal kematian yang diakibatkan oleh  polusi udara saat memasak.  Diperkirakan setiap tahun  165.000 orang meninggal akibat polusi udara di rumah tangga. Tragis sekali. Bisa diperkirakan yang paling banyak berada di dapur adalah perempuan. Pengorbanan yang sudah dilakukan untuk menyediakan makanan bagi keluarga ternyata bisa berefek pengorbanan lainnya yaitu resiko penyakit pernapasan dan kematian.

Apa penyebabnya?

Konsentrasi polutan  yang banyak terakumulasi di dapur akan menganggu sistem pernapasan dan metabolisme tubuh.  Polutan yang menganggu adalah asap dan partikulat molekuler. Karbon monoksida (CO) yang terdapat pada asap sangat reaktif dalam berikatan dengan hemoglobin darah dibandingkan Oksigen. Alih-alih bernapas untuk mendapatkan oksigen, ini malah Karbon monoksida yang akan terambil dalam tarikan napas.  Kalau asap sih  bisa dilihat dengan kasad mata. Nah, partikulat molekuler ini tidak tampak, tetapi berbahaya jika banyak terhirup. Partikulat berukuran 5-10 μm bisa lolos dari saringan bulu hidung hingga mencapai bronchus, berpotensi menyebabkan  flek pada bronchus. Ukuran  partikulat dibawah 5 μm bisa sampai  alveolus, dan kalau ukurannya  dibawah  0,5 μm akan nempel di dinding alveoli. Kondisi ini akan mengganggu pertukaran  pertukaran oksigen dengan karbondioksida.  Sudah pasti akan terjadi kekurangan pasokan Oksigen dan resiko iritasi pernapasan.   Kalau terjadi terus-terusan fungsi paru-paru akan menurun dan dalam keadaan  yang parah bisa memicu kanker paru, kanker nasofaring, dan  kematian. Begitulah efek dari polusi udara saat memasak.

 

Solusinya Bagaimana ?

  1. Desain rumah dengan ventilasi dapur yang baik. Atau mempunyai pintu di dapur
  2. Gunakan penghisap asap di dapur, jika desain dapur tidak memiliki ventilasi yang baik.  Karena desain rumah trend masa kini banyak yang dapurnya tidak ada pintu dan ventilasinya.  Desain ini  karena gaya hidup masa kini yang lebih sering membeli makanan daripada memasak sendiri.
  3. Gunakan kompor yang menghasilkan sedikit polutan. Beruntung di Indonesia sudah ada yang menjual kompor  yang aman dan sehat digunakan..
  4. Gunakan bahan bakar yang ramah lingkungan.  Bila menggunakan bahan bakar padat harus dalam kondisi yang benar-benar kering.

Begitulah solusi yang bisa kita lakukan  untuk mengatasi polusi udara saat memasak.

Salam

Semoga Bermanfaat

 

Kiprah Menik Sumasroh dalam Pengembangan Masyarakat

Kursus Internet Marketing untuk UKM Indonesia

Hari Kebangkitan Nasional bagi Kami

Belajar Internet Marketing secara Live untuk Kamu yang di Papua Barat 

Belajar internet Marketing secara LIVE di jakarta Barat

Belajar Internet Marketing secara LIVE di Sumatera Utara

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *