Buah Pohon Cemara Bukanlah Buah

Kalian pasti samar-samar mengenal buah pohon cemara ini. Sebenarnya bukan hanya dimiliki pohon cemara, pohon pinus pun juga memilikinya. Buah yang terkenal sebagai peramal cuaca ini sebenarnya bukan buah loh. Dalam bahasa inggris, buah pohon cemara disebut dengan pine cone. “Pine” yang artinya pinus dan “Cone”  yang artinya kerucut. Lantas, Buah pohon cemara itu apa kalau bukan buah?.

sumber: http://www.curiouscountrycreations.com/images/large/dried-pods/red-norway-pine-cone_LRG.jpg

Buah pohon cemara yang ada di setiap tanaman Coniferophyta ini sebenarnya adalah alat reproduksi (bukan buah). Fungsinya yang mirip seperti bunga kadang membuat sebagian orang menyebutnya sebagai “bunga pohon cemara”. Namun, pohon cemara atau pinus ini tidak memiliki bunga yang sebenarnya. Tidak seperti bunga pada umumnya, pada tanaman jenis ini, alat reproduksi mereka bisa terpisah cukup jauh, namun tetap dalam satu pohon. Kita menyebutnya strobillus. Strobillus ada dua tipe, yaitu jantan dan betina. Nah, Strobillus bentina inilah yang paling sering kita lihat atau bisa dibilang sebagai buah pohon cemara.

strobillus jantan. sumber: http://ww2.kqed.org/science/wp-content/uploads/sites/35/2015/11/male-cone-closeup-CRX.jpg

Strobillus jantan, seperti namanya, merupakan alat reproduksi jantan pada tumbuhan yang berfungsi sebagai penghasil serbuk sari. Ukurannya jauh lebih kecil dari strobillus bentina. Inilah yang membuat strobillus jantan jarang kita amati. Bentuknya menyerupai untai dengan serbuk sari berwarna kuning, Benang sarinya banyak, tangkai sarinya menyerupai perisai. Strobillus jantan membawa banyak mikrosporangia.

dilihat pada mikroskop sumber: http://ww2.kqed.org/science/wp-content/uploads/sites/35/2015/11/pollen-split-screen-ECU.jpg

Sedangkan Strobillus betina, bentuknya lebih menyerupai sisik tebal dengan struktur yang membuat benih-benih yang belum matang aman. Benih-benih tersebut terletak dibalik sisik tebal dan akan benar-benar terbuka saat benih telah matang. Pada umumnya, dibutuhkan waktu tiga tahun untuk biji berkembang lalu melepaskannya.

strobillus betina sumber:http://img.ehowcdn.co.uk/750×500/ehow-uk/images/a06/ri/ht/locate-male-female-pine-cones-800×800.jpg
Biji runjung cemara dan pinus sumber: http://ww2.kqed.org/science/wp-content/uploads/sites/35/2015/11/coulter-pine-seed-in-tweezers-CRX.jpg

Pada perkembangannya, buah pohon cemara atau strobillus betina ini akan terbuka sedikit demi sedikit untuk memberi akses masuk pada serbuk sari yang dibawa oleh angin. Serbuk sari atau butir-butir gamet jantan ini berasal dari strobillus jantan. Saat serbuk sari sampai pada strobillus betina, strobillus betina akan menutup kembali. Gamet jantan dan betina yang ada pada strobillus betina itu kemudian akan menjadi zygoten lalu membentuk benih. Dan baru akan terbuka kembali saat benih-benih tersebut telah matang. Seperti proses penyerbukan, proses pelepasan benih-benih tersebut juga dibantu oleh angin. Meski tak jarang pula dibantu oleh burung atau hewan-hewan kecil lainnya.

Selain itu, dibeberapa hutan pinus seperti yang ada di kalifornia, buah pohon cemara yang benihnya telah matang akan tetap menguncup hingga beberapa tahun. Contohnya seperti jenis Pinus Muraca (bishop pine), yang hanya akan terbuka saat terkena panas di suhu tertentu.

Setelah mengenal lebih jauh tentang buah pohon cemara, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa buah pohon cemara bukanlah buah, bukan pula bunga, melainkan runjung cemara. Bentuk runjung cemara ini juga berbeda-beda. Sebagai contoh; pohon pinus dengan cemara. Pada pohon pinus, runjungnya lebih berbentuk silinder. Sedangkan pada cemara, bentuknya lebih seperti cone atau kerucut.

 

 

Pencarian terkait:

  • buah pohon cemara bukanlah buah
  • apakah pohon cemara punya buah
  • apakah pohon pinus punya buah
  • bentuk runjung cemara atau pinus
  • tahap penyerbukan pohon pinus atau cemara
  • perbedaan strobillus betina dan strobillus jantan pada pohon pinus dan cemara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *