Waspadai Bentuk Tinja Anda untuk Deteksi Kesehatan

Benjolan-benjolan pada usus besar akibat asupan pangan kurang serat, berakibat kontraksi otot usus dengan tekanan besar. Akan menghasilkan bentuk tinja kecil-kecil keras. 

Berbagai bentuk tinja yang harus anda waspadai, dalam  deteksi kesehatan :

  1. Bentuk tinja bulat-bulat kecil seperti kacang. Ada juga yang mengatakan seperti kotoran kambing. Tinja  dengan ciri seperti ini bertekstur keras serta  susah untuk di keluarkan. Akhirnya bertumpuk-tumpuk dan terus memadat. Kondisi seperti ini bisa berhari-hari tidak buang air besar. Air, racun, dan radikal bebas yang sejatinya akan dibuang oleh tubuh, malah terserap kembali. Ini tidak bagus dan sungguh berbahaya untuk kesehatan tubuh anda. Ini terjadi pada konstipasi yang sudah kritis, atau disebut konstipasi kronis. Berbagai penyakit berpotensi menyerang kesehatan anda.  Untuk usia di atas 40 tahun yang paling sering terjadi adalah divertikulosis. Yaitu terbentuknya kantong-kantong (mrenthil-mrenthil : jawa) benjolan-benjolan  pada dinding usus besar. Paling sering terjadi di bagian sebelah kiri  bawah usus besar. Ukuran bejolannya  kurang lebih 5-10 milimeter. Walaupun kadangkala ada juga yang lebih besar kalau yang mengalaminya tidak cepat tanggap dan memperbaiki diri.
  1. Bentuk tinja seperti sosis dengan permukaan yang menonjol-nonjol tidak rata, serta tampak seperti bakal terbelah berkeping-keping. Umumnya tinja begini dapat mengakibatkan penyumbatan saluran kakus atau WC anda. Keadaan ini bisa mengakibatkan ambeien. Tinja dengan jenis begini adalah tinja dari seorang yang menanggung derita konstipasi yang mendekati kronis. Waspada!
  2. Bentuk tinja menyerupai sosis dengan permukaan kurang rata dengan terdapat sedikit retakan.  Kondisi ini dialami  penderita konstipasi. Atau level Konstipasi ringan.
  3. Bentuk tinja seperti sosis panjang atau seperti ular. Menjadi pertanda mulainya resiko terjadi konstipasi atau sembelit. Level sangat ringan. Dengan menambah asupan pangan berserat, akan segera teratasi.
  4. Bentuk tinja berupa bulatan lembut, atau agak panjang dengan permukaan halus, serta gampang dikeluarkan. Hal semacam ini mengisyaratkan kalau saluran pencernaan atau usus anda dalam kondisi sehat.
  5. Bentuk tinja  lembek, gampang mencair, begitu gampang untuk di keluarkan. Tinja dengan ciri-khas begini adalah tanda-tanda seorang menanggung derita diare level rendah.
  6. Bentuk tinja sangatlah cair bahkan juga tidak tampak ada sisi yang padat. Hal semacam ini memberikan kalau seorang menanggung derita diare yang kronis.

 

One thought on “Waspadai Bentuk Tinja Anda untuk Deteksi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *